Contoh Makalah Hadist tentang Surga dan Neraka

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Hadist tentang Surga dan Neraka - Hadist tentang surga dan neraka merupakan salah satu pokok materi yang ada pada mata kuliah Hadist Tarbawi. Kali ini kita bukan akan membahas mengenai materinya tetapi kita akan membuat panduan sederhana tentang cara membuat makalah dengan tema tersebut.

Langkah awal dalam membuat makalah tentang surga dan neraka ini adalah dengan cara membuat terlebih dahulu halaman judul, kata pengantar, dan halaman daftar isi. Sebagai sebuah tahapan awal sebelum masuk ke sebuah sub bab.

Halaman judul sendiri mempunyai sebuah pengertian tentang halaman yang memuat tentang judul makalah, nama dosen, nama sekolah, logo, nama penyusu, dan sebuah program studi sekolah. Yang tujuanyya adalah sebagai sebuah identitas dari pada makalah tersebut.

Kata pengantar adalah halaman yang memuat tentang sebuah keterangan tentang kata pengantar dari penulis. Kata pengantar tersebut bisa disi dengan sebuah kalimat tentang deskripsi sebuah kalimat bahagia, dengan diiringi dengan ucapan terima kasih dan ucapan syukur.

Daftar isi mempunyai sebuah mempunyai sebuah pengertian tentang halaman  yang memuat tentang dftar semua sub judul yang ada pada makalah. Semua sub judul dalam makalah tersebut terangkum dalam halaman daftar isi yang dilengkapi dengan sebuah nomor urut halaman. 

A. BAB I Pendahuluan
Ada apa saja di bab 1 makalah tentang hadist yang satu ini? Ya, sebenarnya tidak berbeda dengan makalah lainnya. Di bab pendahuluan ini ada latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan.

Pada bagian latar belakang masalah menerangkan tentang latar belakang atau sebab musabab yang membuat penulis mengambil atau mengangkat tema yang dipilih. Yang tujuannya adalah memberikan sebuah pemahaman awal kepada para pembacannya.

Bagian ini bukan hanya tentang isi tetapi juga tentang masalah yang ada. Dengan demikian diharpkan pembaca bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Setelah itu, pada sub bab yang kedua akan dijelaskan rumusan masalah yang diambil.

Rumusan masalah mempunyai sebuah fungsi sebagai sebuah sub judul pembahasan yang mencantumkan sebuah kalimat pertannyaan yang berkaitan dengan isi makalah. Dengan demikian akan jelas apa yang nanti dibahas lebih jauh dalam makalah ini.

Bagian tujuan penulisan menerangkan tujuan yang ingin dicapai pada makalah ini. Tujuan penulisan tersebut dikemas menjadi sebuah jawaban dari kalimat rumusan masalah. Dengan demikian bisa diambil intisarinya bahwa rumusan masalah dan tujuan penulisan masih berhubungan erat.

B. BAB II Pembahasan
Pada bagian pembahasan sudah mulai diterangkan tentang isi dari pada makalah tersebut. yang mana isi tersebut diberikan sebuah sub judul dan penjelasan dengan dengan detail dan menyeluruh. Tujuannya yaitu untuk memberikan pemahaman mendalam bagi para pembacannya.

Kalau melihat dari judul makalah yang diambil maka titik berat atau topik utama dalam makalah ini adalah tentang hadist yang menjelaskan surga dan neraka. Maka dari itu jelas sekali bahwa makalah ini nanti akan berisi hadist-hadist yang berkaitan dengan tema tersebut.

Bukan hanya daftar hadist-nya saja yang ditulis tetapi dalam pembahasan akan dijelaskan lebih jauh mengenai arti dan juga mungkin tafsir dari hadist tersebut. Untuk gambaran saja, berikut sub judul yang berkaitan dengan makalah ini!

2.1 Pengertian Surga dan Neraka
Bukan harus seperti ini memang, tetapi paling tidak dalam makalah ini ada dua hal yang bisa dikupas lebih dalam yaitu mengenai pengertian dan juga penjelasan hadist yang berkaitan dengan surga dan neraka.

Pada sub judul pertama, dipilih pembahasan mengenai definisi surga dan neraka. Definisi atau pengertian ini bisa dijelaskan mulai dari yang umum dan yang khusus berdasarkan pandangan dalam agama Islam.

Dalam penjelasannya, bisa dimasukkan atau diambil kutipan dari para ahli atau juga bisa disisipkan kutipan dari Alquran dan juga dari hadist itu sendiri. Dengan begitu pembaca bisa lebih mudah dan jelas mengerti mengenai hakekat surga dan neraka.

2.2 Hadits yang Berkaitan dengan Surga dan Neraka
Pada sub bab berikutnya penulis akan menjelaskan mengenai hadist-hadist yang berisi tentang materi intinya yaitu tentang surga dan neraka. Di sini penulis akan menyebutkan dan menjelaskan lebih detail isi hadist-hadist yang berkaitan.

Pertama tentu akan ditulis lebih dulu hadist-nya, setelah itu dijelaskan arti dan juga makna dari hadist tersebut. Dari sisi ini nantinya pembaca akan lebih mudah memahami bagaimana pandangan-pandangan yang ada di hadist tentang surga dan neraka tersebut.

C. BAB III Penutup
Selesai, kalau sudah sampai bab penutup ya bisa dikatakan sudah selesai karena hanya tinggal membuat kesimpulan, saran dan juga halaman daftar pustaka. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar mengenai hal ini karena teorinya pasti rekan semua sudah paham.

Pada bagian kesimpulan dituliskan sebuah pokok bahasan yang didapat pada pembahasan. Yang tujuannya memberikan sebuah kemudahan dalam mengambil isi dari pada pembahasan yang sudah dibahas. Sehingga tidak akan ada salah pemahaman dalam memahami isi pada makalah tersebut.

Sub judul saran adalah sbeuah sub judul yang menerangkan tentang permintaan saran penulis kepada para pembacannya tentang makalah yang sudah dibuatnnya. Penilaian tersebut bisa mencangkup dari segi penulisan maupun dari segi subtansi atau isi dalam makalah.

Pada bagian daftar pustaka diberikan sebuah keterangan tentang buku yang dipergunakan dalam pembuatan makalah. Sehingga makalah bisa dipertanggungjawabkan isinya karena telah mencantumkan daftar pustaka, pada lembaran terakhir.