Laporan Praktik Kerja Industri di Alfamart

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Untuk membuat laporan hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat sebuah halaman judul pada lembar pertama. Halaman judul ini mempunyai sebuah keterangan mengenai judul dari makalah, guru pengampu, nama sekolah, logo, dan prodram studi.

Pada lembar ke-dua ditulis juga sebuah lampiran yang memuat tentang halaman pengesahan, yang memauat sebuah paraf guru yang bersangkutan, dan siswa. Halaman ini adalah sebuah bukti bahwa laporan sudah mendapatkan perstujuan dari para guru.

Pada halaman ke-2 dan ke-3 dilampirkan sebuah halaman persembahan, dan halaman motto. Yang mana halaman persembahan mempunyai sebuah pengertian ungkapan dari pengarang yang ditunjukan kepada seseorang tertentu. Sedangkan moto, memuat sebuah kata bijak yang menjadi pegangan dari pada pengarang.
           
Pada halaman selanjutnya diberikan sebuah halaman yang memuat kata pengantar, yang merupakan kata pengantar dari penulis. Kata pengantar ini mempunyai sebuah pengertian pengantar berupa ucapan syukur dan ucapan terima kasih. Dan semuanya terangkum dalam halaman kata pengantar tersebut.

Daftar isi juga jangan sampai ketinggalan, untuk dilampirkan sebelum hingga akhirnya masuk pada pendahuluan. Daftar isi adalah sebuah halaman yang menerangkan daftar berupa judul dan nomor halaman yang ada pada laporan tersebut. Sehingga para pembaca akan lebih mudah ketika mencari sebuah halaman yang diinginkan.

A. BAB I Pendahuluan

Pada bagian pendhuluan dibuat sebuah sub judul yang menerangkan sebuah keterangan tentang 1.1 Latar Belakang, 1.2 Tujuan PKL, 1.3 Sasaran, 1.4 Waktu Pelaksanaan, sebagai awal pendahuluan sebelum hingga akhirnya masuk ke dalam bahasan.

Latar belakang mempunyai sebuah pengertian tentang latar belakang yang meliputi sebuah permasalahan yang ada. Yang mana masalah tersebut adalah masalah yang bisa dikaitkan dengan tema yang akan disampaikan.

Dengan menghadirkan sebuah permasalah, diharapkan para pembaca akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh laporan tersebut. Pada laporan praktek seperti ini dijelaskan juga tujuan dari adanya kegiaan praktek tersebut. Kemudian disampaikan juga sasaran kegiatannya seperti apa.

Bab pendahuluan laporan ini juga dilengkapi dengan sub bab yang menjelaskan waktu pelaksanaan kegiatan. Sub bab ini akan terdiri dari informasi kapan diadakannya praktek, dimana diadakannya dan oleh siapa.

Dengan informasi tersebut pembaca akan lebih jelas dan mengetahui siapa yang menyusun laporan, dalam rangka apa laporan ini dibuat dan untuk tujuan apa laporan dan kegiatan tersebut dilaksanakan.

B. BAB II Pembahasan

Bagian bab pembahasan merupakan inti isi yang mencangkup tema yang akan disampaikan melalui laporan ini. Pembahasan haruslah dipaparkan dengan sejelas-jelasnya, menggunakan bahasa yang baik, dan penulisan yang baik. Selain itu pembahasan juga harus disampaikan dengan sedetail mungkin, agar pembaca bisa lebih memahami isi.

Cara mudah membuat bab pembahasan yang jelas dan detail adalah dengan menghadirkan sebuah sub judul bab yang akan dibuat. Pembuatan sub judul juga tidak boleh sembarangan, agar subtansi yang terkandung dalam isi juga menyeluruh dan sesuai topik yang diambil.

Untuk laporan praktek kerja industri ini seperti apa isi bab 2 tersebut? Isinya tentu saja berhubungan dengan judulnya. Berikut sebuah contoh isi pembahasan yang bisa digunakan dalam laporan ini!

1) Sejarah Berdirinya Alfamart
2) Pemilik Perusahaan Alfamart
3) Struktur Organisasi di Perusahaan
4) Aset Kekayaan Perusahaan (Alat Perlengkapan)
5) Produk – Produk Perusahaan
6) Uraian Kegiatan Prakerin

Panjang dan lengkap, tapi ya memang begitu. Karena kita praktek di Alfamart maka sudah pasti yang akan dibicarakan dalam laporannya berkaitan dengan Alfamart. Maka, isi pembahasannya bisa menjelaskan lebih rinci mengenai toko alfamart tersebut mulai dari sejarah berdiri sampai pada produk yang dijual disana.

Selain menjelaskan atau menjabarkan mengenai perusahaan tersebut, penulis juga harus menjabarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Alfamart selama menjalani kegaiatan praktek kerja disana.

C. BAB III Masalah dan Solusi

Pada bagian bab ke-3 dituliskan masalah dan solusi yang ada pada toko Alfamart. Tujuan dari pada membahas permasalahan pada laporan ini tentu agar pembaca mengetahui hambatan atau masalah yang ada pada toko alfamart.

Selain itu tidak lupa juga dihadirkan sebuah solusi yang sebegai penjawab dari pada permasalah yang ada. Dengan demikian tidak hanya sebuah permasalahan yang harus dihadirkan, tetapi juga sebuah solusi.

Untuk pembuatan sub judulnya bisa dengan sebuah kalimat berupa Masalah di toko Alfamart, dan Masalah dari Siswa Prakerin. Jadi, paling tidak pada bab ini ada dua poin yang akan disampaikan yaitu permasalahan dan penyelesaiannya.

Pertama tentu yang berhubungan dengan permasalah yang berkaitan dengan perusahaan tempat dimana kita mengikuti PKL. Dijelaskan apa saja masalah perusahaan yang diketahui oleh peserta praktek kemudian dijabarkan juga penyelesaiannya.

Kedua adalah masalah-masalah atau hambatan yang dialami oleh siswa PKL yang ada di perusahaan tersebut berikut juga dengan solusi atau saran dalam menyelesaikan masalah yang ditemui tersebut. Baru setelah itu penulis laporan bisa melangkah ke bab berikutnya.

D. BAB IV Penutup

Pada bagian penutup diterangkan sebuah kesimpulan yang didapat dari isi yang ada pada pembahasan. Kesimpulan adalah sebuah pokok-pokok bahasan yang ada pada pembahasan di atas, yang tujuannya untuk memudahkan para pembacanya untuk mengetahui inti dari pada bahasan.

Di tulis juga sebuah keteranga tentang saran pada bagian penutup, yang memuat sebuah kalimat tentang permintaan saran dari penulis kepada pembaca. Tujuannya adalah sebagai sebuah bahan evaluasi untuk penulis agar bisa menghasilkan karya lebih baus lagi.

Ditulis juga sebuah daftar pustaka agar makalah dapat dipertanggung jawabkan subtansinya. Daftar pustakan adalah sebuah keterangan buku yang digunakan atau dilibatkan dalam pembuatan makalah ini. Cara pembuatannya adalah dengan cara menuliskan dengan format; nama buku, nama pengarang, tahun terbit, dan penerbit.