Makalah Islam Pada Masa Bani Umayah Timur dan Spanyol

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Islam Pada Masa Bani Umayah Timur dan Spanyol - Untuk membuat makalah sejarah peradaban Islam ini juga harus dibuat dahulu halaman yang terdiri dari halaman judul, kata pengantar, dan sebuah daftar isi. Yang tujuannya sbagai pendahulu atau pengenalan penulis kepada para pembacannya.

Halaman judul mempunyai sebuah fungsi mencantumkan sebuah keterangan tentang; judul makalah, nama dosen, nama sekolah, logo, program studi, alamat sekolah. Dan halaman ini  juga bisa disebut sebagai cover dari pada makalah yang terletak pada bagia lembar paling depan.

Selanjutnya adalah memuat tentang lembar kata pengantar. Kata pengantar di halaman makalah memuat kata-kata dari penulis yang berkaitan dengan sebuah ucapan trmakasih, dan ucapan syukur. Jumlah paragraf dalam pembuatan kata pengantar tidak ada patokan tetapi tentu ada aturan baku-nya.

Sedangkan untuk datar isi mempunyai sebuah fungsi sebagai halaman yang menerangkan tentang daftar yang berkaitan dengan halaman dan sub judul dari pada makalah. Yang tujuannya memberikan kemudahan pada para pembacanya pada saat mencari halaman tertentu.

A. BAB I Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan dituliskan sebuah sub judul yang meliputi tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan Tujuan Penulisan. Yang berfungsi untuk pendahuluan yang katan isinya sudah menyinggung tentang isi yang hendak disampaikan.

Pada bagian latar belakang masalah dituliskan tentang masalah yang ada atau beredar, yang masalah tersebut berkaitan dengan isi dari pada makalah. Dengan menghadirkan sebuah masalah yang ada dengan kaitannya isi yang dibahas, diharapkan pembaca akan lebih bisa memahami subtansi yang terkandung.

Pada bagian rumusan masalah memuat tentang sebuah kalimat tanya yang berkaitan dengan isi. Rumuasan tersebut juga berfungsi sebagai sebuah media untuk menyampaikan rasa penasaran dari pembacanya.

Sedangkan untuk bagian tujuan masalah mencangkup kalimat negatif, yang merupakan jawaban dari rumusan masalah. Tujuan penulisan juga bisa diartikan sebagai sebuah kalimat yang mempunyai arti tentang apa yang akan didapat oleh para pembacannya. 

B. BAB II Pembahasan

Pada bagian pembahasan akan dibahas isi dari pada makalah dengan jelas dan detail. Tujuannya agar para pembaca akan benar-benar merasa paham dengan apa  yang disampaikan pada bagian pembahasan.

Pembahasan haruslah mencangkup dari semua kaca mata analisis, atau bisa diartikan juga pembahasan yang memang menjadi solusi tentang masalah yang beredar. Perlu diperhatikan bahwa pembahasan juga harus sesuai dengan masalah yang diangkat pada bab sebelumnya.

Pada makalah dengan tema tentang,”Islam Pada Masa Bani Umayah Timur dan Spanyol”, harus dibuat sebuah sub judul yang meliputi hal-hal yang berhubungan dengan tema tersebut. Sebagai gambaran, beberapa sub judul (sub bab) tersebut anara lain sebagai berikut!

1) Peradaban Islam masa Dinasti Umayyah Timur
Pada sub bab ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai berbagai peradaban Islam ketika masa dinasti Umayyah. Didalamnya bisa dijelaskan mulai dari awal berdirinya dinasti ini, masa pemerintahan, segi kehidupan-kehidupan yang ada pada saat itu dan seterusnya.

Penulis dalam hal ini bisa menentukan sendiri sub bab yang akan dijabarkan lebih jauh dalam bab ini. Tetapi yang perlu diingat bahwa pembahasan harusnya benar – benar sesuai dengan tema masalah yang diangkat.

Jangan lupa juga untuk menjelaskan isi materi ini dengan didampingi dengan sumber referensi yang bisa memperkuat penjelasan yang diberikan. Dalam arti, penyusun harus menjelaskan materi ini berdasarkan sumber atau literatur yang dapat dipertanggung jawabkan.

2) Peradaban Islam masa Dinasti Umayyah Barat (Spanyol).
Tidak berbeda pada sub bab pertama, pada sub ini juga bisa dijelaskan secara rinci mengenai peradaban Islam pada masa dinasti spanyol (dinasti umayyah barat). Penjelasannya bisa dijelaskan mulai dari awal sampai runtuhnya dinasti.

Dalam menjabarkan informasi yang didapat dari berbagai sumber, penulis bisa menggunaan pemahaman sendiri. Dalam arti, penulis bisa mencerna informasi yang didapat baru setelah itu menjelaskannya di dalam makalah ini.

C. BAB III Penutup

Pada bagian bab terakhir yaitu bab 3 dituliskan sebuah kesimpulan tentang apa yang telah dibahas pada bagian pembahasan. Kesimpulan tersebut haruslah sebuah pokok penting yang terdapat pada pembahasan, yang mempunyai sebuah tujuan untuk memudahkan para pembacanya dalam memahami inti pembahasan. Sehingga pembaca tidak akan salah persepsi. 

Ditulis juga sebuah sub judul saran yang memuat sebuah keterangan tentang kalimat yang memuat permintaan saran kepada para pembaca. Sehingga dalam hal ini pembaca juga turut dilibatkan untuk memberikan komentarnya sebagai bahan evaluasi untuk penulis.

Pada lembar terakhir diberikan sebuah halaman tentang daftar pustaka. Daftar pustaka adalah keterangan tentang buku yang dipakai untuk pembuatan makalah tersebut. cara pencantuman buku dalam halaman daftar pustaka juga ada caranya, yaitu; nama buku, nama pengarang, tahun terbit, penerbit.