Makalah Ekonomi Peran PLN Sebagai Bumn

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Peran BUMN sebagai perusahaan negara juga cukup bermanfaat untuk dipelajari. Misalnya kita bisa mengetahui seberapa jauh dampak ekonomi yang dimiliki dengan adanya perusahaan negara tersebut. Nah, kali ini kita akan belajar membuat makalah yang membahas mengenai hal tersebut.

Pada dasarnya untk menyusun atau membuat makalah ini tidak berbeda jauh dengan karya tulis lain. Makalah ini juga memiliki sistematika penulisan yang hampir sama dengan karya ilmiah pada umumnya. Dibagian pertama ada halaman awal, kemudian disusul dengan bagian bab.

Pada bagian awal pembuatan makalah diberikan sebuah halaman judul, kata pengantar dan daftar isi. Beberapa bagian tersebut mempunyai sebuah fungsi sebagai pendahuluan atau pengenalan penulis dan judul makalah yang akan disampaikan. Sehingga akan lebih memudahkan pembaca dalam memahami makalah tersebut.

Pada bagian halaman judul, dituliskan sebuah keterangan berupa penjelasan tentang judul makalah, nama pengarang, nama sekolah, nama prodi, nama dosen, dan logo pada bagian tengah. Yang fungsinya tentu saja sebagai cover pada halaman utama di makalah tersebut.

Pada halaman ke dua sudah mulai masuk ke dalam kata pengantar dari penulis. Kata pengantar penulis ini memuat sebuah kata pengantar dari penulis tentang sebuah kebahagiaan yang dirasakan oleh penulis. Sehingga kata yang ditulisnya berupa sebuah ucapan terima kasih dan ucapan syukur.

Pada bagian daftar isi memuat sebuah keterangan tentang sebuah penjelasan letak dari pada halaman yang ditandai dengan keterangan pada sub judulnya. Sehingga memudahkan pembaca dalam mencari sebuah halaman tertentu yang diinginkan oleh para pembacanya.

1) BAB I Pendahuluan
Biasa, di pendahuluan ada latar belakang, rumusan masalah, tujuan, sistematika penulisan dan seterusnya. Namun, untuk pelajar biasanya tidak akan dibuat lengkap, misalnya hanya terdiri dari tiga sub bab saja mulai dari latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Masih ingat bagaimana menyusun sub bab tersebut?

Ya, pada bagian pendahuluan sudah mulai masuk ke pembahasan masalah secara uum yang berkaitan dengan isi makalah tersebut. Dalam penulisan latar belakang makalah tersebut biasanya dikait-kaitkan dengan sebuah contoh pada permasalahan yang ada, sebelum hingga kalimatnya disusun sehingga isi yang terdapat pada makalah merupakan sebuah solusi pada permasalahan.

Selanjutnya pada sub bab berikutnya akan dicantumkan rumusan masalah yang diambil untuk makalah tersebut. Rumusan masalah ini nantinya akan dijadika pedoman untuk isi atau pembahasan pada bab inti. Baru setelah itu pada sub bab ketiga yaitu tujuan.

Untuk bagian sub judul pada pendahuluan berupa tujuan mempunyai sebuah pengertian sebagai tujuan penulisan. Sehingga dalam pembahasannya dituliskan dengan singkat dan jelas tentang tujuan yang ingin dicapai dalam makalah tersebut.

Adapun contoh kalimat tujuan dari laporan ini adalah Untuk menyelesaikan tugas,  Untuk mencari informasi tentang materi yang sedang di pelajari, dan Untuk memperbanyak wawasan tentang materi yang sedang di pelajari.

2) BAB II Pembahasan
Pada bagian pembahasan sudah mulai dikupas secara menyeluruh tentang isi yang akan dismapaikan. Yang mana isi tersebut ditandai dengan sebuah sub judul pada setiap sub-subnya. Sehingga bisa memudahkan pembaca dalam memahami isi yang terkandung dalam pembahasan.

Adapun sebuah sub judul yang bisa digunakan dalam makalah ini meliputi sebuah keterangan berupa Sejarah PLN, Kegiatan Operasional, dan Peran nyata PLN dalam mempengengaruhi ekonomi masyarakat.

Baru setelah sub judul sudah dituliskan, penjelasan boleh diikutsertakan pada bagian sub judul makalah. Penelasan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yang terpenting masih berkaitan dengan sub judul yang sudah ditulis tersebut. Sehingga pembaca tidak akan salah persepsi.

Sub bab 2.1 Sejarah PLN, maka isinya adalah penjelasan rinci mengenai bagaimana sejarah dari pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) tersebut. Setidaknya, dalam sub bab ini akan dijabarkan bagaimana perusahaan ini berdiri, mulai dari awal pendirian bahkan sampai pada sejarah perkembangannya.

Penjelasannya bisa dibuat poin pentingnya saja dan juga dengan diikuti dengan rujukan atau referensi terkait. Dengan begitu informasi yang disampaikan bersifat ilmiah dan dapat ditelusuri lebih jauh.

Kemudian pada sub bab 2.2 Kegiatan Operasional, bisa dijelaskan mengenai kegiatan-kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Misalnya saja dijelaskan mengenai kegiatan operasional pln itu apa saja.

Pada sub bab 2.3 Peran nyata PLN dalam mempengengaruhi ekonomi masyarakat, bisa diberikan penjelasan, informasi dan analisa mengenai apa saja bentuk peran yang diberikan oleh PLN terhadap ekonomi masyarakat Indonesia secara luas.

3) BAB III Penutup
Pada bagian akhir ini akan dimuat dua hal sebagai penutup, pertama yaitu kesimpulan dari apa yang sudah diuraikan secara panjang lebar di bab sebelumnya dan juga saran-saran yang berkaitan baik dengan makalah, penyusun maupun pembaca secara umum.

Pada bagian kesimpulan dituliskan dengan sesksama sebuah keterangan yang mempuyai sebuah maksud menyimpulkan isi dari makalah yang sudah tertulis padda bagian pembahasan. Sehingga pembaca bisa mengetahui kesimpulan yang ada pada isi tersebut.

Dalam menuliskan sebuah kesimpulan adalah dengan cara menuliskan sebuah garis besar atau pokok-pokok yang terdapat pada isi. Sehingga penjelasannya lebih singkat dibandingkan apa yang sudah tertulis pada isi. Yang tujuannya jelas seperti yang sudah disinggung di atas, untuk memudahkan pembaca.

Kesimpulan dituliskan dengan cara yang singkat, tetapi jelas dan padat. Karena kesimpulan ini mempunyai sebuah fungsi penting untuk memudahkan pembacanya untuk mengetahui pokok utama dalam pembahasan. Sehingga penulisan haruslah jelas, singkat, padat.

Pada bagian saran dituliskan sebuah keterangan tentang permintaan saran kepada para pembaca, baik dari subtansi, maupun dari penulisan. Yang mana di sini juri utama dari pada pengarang adalah pembaca, sehingga pembaca harus dituliskan dalam sub saran ini.

Dengan demikian secara tidak langsung apabila ada pembaca yang memberikan saran untuk penulisnya, maka saran tersebut bisa menjadi acuan untuk membuat makalah lebih baik lagi. Dengan demikian kesalahan pada pembuatan makalah dapat diminimalisir, dengan adanya saran dari pembaca.