Pengertian Peradaban Islam dan Tujuannya

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Download Contoh Makalah Pengertian Peradaban Islam dan Tujuannya - Untuk mata kuliah sejarah peradaban Islam, rekan mahasiswa biasanya akan mempelajari juga mengenai pengertian dari peradaban Islam itu sendiri serta tujuannya. Adakalanya mahasiswa akan diminta untuk membuat makalah tentang materi tersebut dan mempresentasikan materinya di depan kelas.

Pembahasan kita kali ini akan berkaitan dengan makalah tersebut tetapi bukan untuk memberikan makalah yang sudah jadi tetapi untuk menjabarkan bagaimana cara membuat makalah tersebut. Jadi, pembahasan kita kali ini akan menitikberatkan pada proses penyusunan makalah.

Dimulai dari halaman-halaman pertama sendiri, pada bagian awal makalah dimuat tentang sebuah halaman yang menerangkan halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Pada bagian halaman judul dilampirkan sebuah keterangan nama kelompok, nama dosen, mata kuliah, nama intansi, logo instansi, dan program studi pemakalah.

Sedangkan untuk bagian kata pengantar memuat halaman yang menerangkan kata pengantar dair penulis tentang sebuah kebahagiaan yang dirasakan penulis ketika karyanya sudah diselesaikan. Sehingga kata-kata yang dimuat dalam kata pengantar tidak lain adalah ungkapan trimakasih dan uangkapan syukur.

Pada bagian daftar isi menerangkan sebuah daftar yang mencangkup keseluruhan sub judul yang terangkum dalam daftar isi. Daftar isi hanya melampirkan sebuah halaman dan jdul yang ada pada isi, sehingga memudahkan pembaca untuk menacari halaman bahasan yang mereka inginkan.

Halamam pengantar dan cover juga termasuk yang dicantumkan dalam halaman daftar isi. Meski tidak memberikan sebuah keterangan halaman, adapun diberi keterangan halaman dengan sebuah angka romawi.

1) BAB I Pendahuluan

Bab pendahuluan pada makalah ini akan disusun sederhana dan hanya terdiri dari tiga sub judul yaitu latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penulisan. Sudah tahu bukan bagaimana membuat sub judul tersebut?

Pada bab I pendahuluan sudah mulai diterangkan tentang latar belakang masalah yang mencangkup isi. Yang mana latar belang masalah ini bisa dibuat dengan menghadikan permasalahan-permasalahan yang ada disekitar kita. Dengan demikian bahasan atau isi dapat lebih bisa dimengerti.

Pada bagian rumusan masalah dituliskan sebuah rumusan berupa kalimat berbentukk pertanyaan yang singkat. Yang tujuannya untuk menekankan atau mewakili dari rasa penasaran dari pembaca. Sebelum hingga akhirnya terjawab pada bagian tujuan penulisan di sub judul berikutnya.

Pada  bagian tujuan penulisan seperti yang sudah disinggung di atas adalah sebagai salah satu sub yang menerangkan tentang kalimat jawaban dari pada rumusan masalah. Dengan demikian pembaca akan mengatahui tujuan pencapaiannya yang mereka dapat setelah membaca makalah ini.

Untuk makalah ini sudah jelas sekali masalah yang akan diangkat dan juga tujuan yang ingin dicapai. Contoh masalah yang akan ditulis dalam sub judul rumusan masalah untuk karya ini misalnya “Bagaimana pengertian peradaban Islam” dan “bagaimana tujuan peradaban Islam” itu sendiri.

2) BAB II Pembahasan

Untuk bagian pembahasan sudah mulai menerangkan sebuah pembahasan atau isi. Yang mana pemaparan yang berkaitan tentang definitif judul secara detai juga akan dicantumkan pada pembahasan ini. Cara membuat sebuah pembahasan yang berikut ini adalah dengan dahulu mencantumkan sub-sub judul menurut judul utama.

Misalnya judul di atas menerangkan sebuah tema berupa,” Pengertian Peradaban Islam dan Tujuannya”, maka sub judulnya adalah berupa kalimat; Pengertian Peradaban Islam, Kegunaan Sejarah Peradaban Islam, dan Tujuan, Fungsi dan Manfaat Mempelajari Sejarah Peradaban Islam.

Dari contoh di atas tentu sudah jelas apa saja yang akan menjadi inti pembicaraan dalam karya tulis yang satu ini. Sub judul pertama misalnya, akan berisi tentang pengertian atau definisi. Disini akan dijelaskan secara rinci definisi dan pengertian dari peradaban Islam tersebut.

Pada sub judul tersebut penulis akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan peradaban Islam. Penjelasan tersebut juga akan didukung dengan referensi atau kutipan yang diambil dari pernyataan ahli.

3) BAB III Penutup

Bab penutup yaitu bab ke-3 adalah bab terakhir dalam makalah ini. Kalau sudah sampai pada bab ini maka bisa dikatakan makalah yang dibuat sudah selesai karena pada bagian ini penulis tinggal menyimpulkan saja isi pembahasan sebelumnya.

Pada bagian penutup diberikan sebuah kesimpulan yang menjadi maksud utama dari pada isi. Atau pokok bahasan yang sudah dipaparkan pada bagian isi. Dengan membuat suatu kesimpulan, akan memudahkan pembaca dalam memahami pokok bahasan yang sudah dipaparkan pada bagian pembahasan.

Tidak lupa juga dicantumkan sebuah permintaan saran kepada pembaca, sebagai evaluasi tentang makalah yang sudah digarap. Sehingga bisa menghasilkan makalah yang lebih baik lagi dilain waktu. Dengan demikian penulis bisa mengetahui kekurangan dan kesalahan dalam makalah yang telah dibuatnya.

Dibagian terakhir sendiri juga jangan lupa untuk menyertakan daftar pustaka. Pada bagian daftar pustaka, disebutkan sebuah keterangan mengenai sebuah refrensi yang sudah diliatkan dalam pembuatan makalah ini.

Yang mana tujuannya sebagai bukti bahwa makalah yang anda buat bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga pembaca tidak akan ragu ketika mengambil sebuah bahsan yang sudah ada pada bagian pembahasan.