Contoh Makalah Keragaman Budaya Kalimantan Tengah

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Yang akan kita bahas kali ini adalah contoh makalah tentang sebaran dan keragaman budaya nasional Kalimantan Tengah. Makalah yang satu ini adalah sebuah karya tulis yang biasanya akan dibuat oleh rekan pelajar sekolah menengah atas (SMA). Bagaimana sebenarnya bentuk makalah ini?

Seperti karya makalah lain, makalah anak sma ini juga akan terdiri dari bab-bab atau bagian-bagian seperti makalah pada umumnya. Misalnya, sebelum masuk pada bagian bab maka perlu disusun bagian awal makalah yang terdiri dari judul, kata pengantar dan juga daftar isi.

Pada halaman judul di tulis judul makalah yang akan dibuat, nama sekolah, nama pengarang, logo sekolah, dan nama guru mata pelajaran jika diperlukan. Jadi, kadang memang ada yang tidak dituliskan nama guru mata pelajarannya dan langsung ke nama penulis atau penyusun.

Pada judul makalah, dan nama sekolah ditulis dengan format huruf yang sedikit lebih dibandingkan dengan format huruf yang digunakan pada nama. Begitu juga dengan sebuah program study ditulis sejajar dengan nama sekolah dan judul makalah.

Paga bagian kata pengantar, beri sebuah keterangan pengantar dari penulis, sebelum hingga masuk ke bab berikutnya. Kata pengantar adalah sebuah ucapan dari pribadi penulis untuk menunjukan reaksi bahagia berkat lahirnya sebuah makalah yang sudah susah payah mereka buat.

Pada bagian sub daftar isi diberi sebuah keterangan judul halaman dan sebuah nomor urut dari sub tersebut sesuai dengan yang tertera dimakalah. Sehingga pembaca akan lebih gampang mencari sebuah informasi yang memang diperlukan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pembaca.

1) BAB I Pendahuluan

Yang sederhana, makalah ini bisa memuat bab pendahuluan yang sederhana saja. Dalam arti pada bab ini hanya dibahas tiga hal saja yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Dengan begitu makalah yang disusun lebih ringkas dan tidak terlalu sulit.

Pada bab pendahuluan diberikan sebuah keterangan mengenai latar belakang masalah. Yang mana latar belakang masalah ini mempunyai sebuah fungsi untuk mengajak para pembaca untuk bersama-sama berpikir tentang sebuah tema yang akan dihadirkan dengan sajian sebuah penulisan secara umum.

Sehingga pembaca akan memahami secara jelas fungsi ari pada makalah tersebut dengan cara demikian. Selanjutnya, pada bagian ke-2 bab 1 ini menerangkan sebuah rumusan masalah. Yang memberikan sebuah penekanan dengan sedikit lebih ringkas dibanding dengan latar belakang masalah.

Fungsi rumusan ini memang tidak lain adalah untuk mempertegas dari pada apa yang disampaikan pada sub sebelumnya. Supaya tidak bingung rumusan masalah yang digunakan, berikut cnntoh rumusan masalah untuk makalah tentang keragaman budaya Kal-Teng tersebut.

1) Bagaimana peta Kalimantan Tengah?
2) Bagaimana adat Kalimantan Tengah?
3) Bagaimana tradisi Kalimantan Tengah?

Untuk bagian ke-3 berisi keterangan mengenai tujuan dari pada penulisan. Yang mana keterangan tujuan penulisan ini adalah deskripsi secara luas dari isi. Yang  manfaatnya tentu bisa dirasakan oleh pembaca dari makalah ini. Berikut sebuah contoh dari sub tujuan.

1) Mengetahui peta Kalimantan Tengah
2) Mengetahui adat Kalimantan Tengah
3) Mengetahui tradisi Kalimantan Tengah

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, rumusan masalah dan tujuan bisa langsung ditulis dengan poin nomor 1 sampai 3 seperti pada contoh. Jadi urutan penulisannya tinggai di tulis 2.2 rumusan masalah setelah itu dibawahnya ditulis poin 1, 2 dan 3.

2) BAB II Pembahasan

Apa yang dibahas pada bab pembahasan ini sebenarnya sudah sangat jelas dilihat dari rumusan masalah yang sudah ditulis dibagian bab sebelumnya. Ya intinya yang dibahas mengenai keragaman budaya yang ada di propinsi Kalimantan Tengah.

Sebagai contoh, pada bagian pembahasan mulai dituliskan sebuah pembahasan atau isi yang berkaitan dengan sebuah judul utama. Seperti pada sub judul pertama ini yang menerangkan sebuah peta kalimantan, maka yang harus anda hadirkan adalah sebuah gambar dari pada peta Kalimantan Tengan, dan beberapa keterangan penunjang.

Sedangkan untuk bagian sub ke-2 menerangkan sebuah rumah adat Betang Kalimantan Tengah. Anda bisa cantumkan secara jelas keterangan yang mengikuti rumah tersebut dan sebuah sejarah singkat yang melekat pada rumah tersebut.

Pada bagian sub judul yang ke-3 menernagkan sebuah pakaian ada masyarakat Kalimantan Tengah. Anda bisa menghadikan gambar dan sekaligus sebuah keterangan mengenai pakaian adat tersebut. keterangan bisa meliputi tentang sejarah, bahan pakaian, dll.

Selanjutnya adalah bagian tentang bahasan mengenai tradisi yang ada di Kalimantan Tengah. Bisa anda terangkan mengenai keterangan tradisi yang memang ada di daerah Kalimatan tersebut, meliputi macam, sejarah dan yang lainnya.
   
Pada sub judul pada bagian ke-5 menerangkan tarian tradisional masyarakat kalimantan. Yang memang menerangkan sebuah keterangan berupa macam dan sebuah sejarah yang ada pada trian tradisional tersebut. 


3) BAB III Penutup

Penutup akan terdiri dari dua sub judul yaitu kesimpulan dan saran. Untuk kesimpulan anda ambil sebuah garis besar yang ada pada pembahasan di atas. Yang mana gariis besar tersebut adalah subtansi yang memang diterangkan dengan cara yang ringkas, padat dan jelas, sehingga membentuk sebuah kesimpulan yang bisa mewakili isi keseluruhan yang ada pada isi.

Untuk bagian pada saran, adalah sebuah ucapan yang dilontarkan oleh penulis, yang bisa berati ucapan yang mengandung maksud memberikan saran kepada penulis, ataupun saran untuk pembaca.

Meski sederhana tetapi sebenarnya bab terakhir ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai contoh, penulis hendaknya bisa membuat rangkuman yang benar-benar mencakup inti pembahasan yang sudah diberikan pada bab selanjutnya.

Jika masih bingung bagaimana bentuk dan cara menyusun bagian ini rekan semua bisa mempelajari langsung contoh yang tersedia. Itulah sedikit pembahasan kita tentang penyusunan makalah tentang lingkaran.