Download Contoh Makalah tentang Lingkaran

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Giliran untuk mata pelajaran rekan pelajar kali ini kita akan membahas mengenai sebuah contoh karya tulis dengan judul “lingkaran”. Tapi sebelum lebih jauh, kami ingatkan bahwa yang akan dibahas adalah contoh dan cara penyusunan dan bukan makalah lengkap.

Kenapa hanya contohnya saja, tujuannya adalah agar rekan pembaca bisa lebih paham dan bisa membuat sendiri makalah yang dibutuhkan. Jadi bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara membuat dan menyusun sebuah makalah yang baik dan benar.

Berikut saya akan terangkan langkah-langkah yang harus anda ikuti dalam membuat sebuah makalah tentang materi lingkaran. Yang mana dimulai pada bagian halaman awal, bab pendahuluan, pembahasan dan penutup.

Pada bagian awal yaitu halaman judul, anda tuliskan sebuah judul dari makalah ini, diikuti dengan penulisan sebuah nama, kelompok, nama sekolah, naman guru pengampu/dosen pengampu, dan sebuah nama sekolahan. Tulis dengan benar dan berurutan dimulai dengan nama judul makalah.

Bagian yang ke-2 yaitu kata pengantar, yang mana anda isi dengan sebuah ucapan syukur kepada tuhan, dan ucapan terima kasihh kepada orang terdekat anda. Orang terdekat anda bisa orang tua, teman, sahabat, dosen/guru. Tetapi yang tidak bisa ditinggalkan adalah penyebutan terimakasih kepada dosen/guru.

Pada bagain yang ke-3 adalah halaman berupa penerangan daftar isi. Yang memuat keseluruhan rincian keterangan judul dan halaman yang ada pada makalah. Setiap judul dan sub judul dalam makalah tersebut diberi titik memanjang dan sebuah ketrangan halaman pada bagian ujungnya.

1) BAB I Pendahuluan

Ada tiga hal yang akan dijelaskan pada bab ke-satu dalam makalah ini. Tiga hal tersebut yaitu mengenai latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan dari pembuatan atau penyusunan makalah tersebut. Sudah tahu bagaimana cara membuat bagian-bagian tersebut?

Pada bagian pendahuluan, dituliskan sebuah latar belakang masalah, yang berisi dan menyangkut dari tema yang hendak disampaikan, Artinya penyampaian tersebut adalah bersifat secara umum, yang merujuk pada bahasan atau kandungan yang ada di dalam makalah.

Rumusan masalah adalah sebuah kerangan dari sub judul mengenai masalah yang dipaparkan dengan singkat dan jelas. Dan bentuk rumusan masalah adalah berupa pertanyaan yang mengacu pada pokok bahasan yang ada pada makalah yang hendak di sampaikan oleh pematerinya. Berikut contoh rumusan masalah yang bisa digunakan untuk materi lingkaran.

1) Apa pengertian lingkaran?
2) Apa saja bagian-bagian lingkaran?
3) Apa saja rumus-rumus lingkaran

Pada bgaian sub judul ke-3 yang ada pada pendahuluan, diberikan sebuah keterangan berupa tujuan dari penulisan. Tentunya, tujuan tersebut mempresentasikan sebuah tujuan bahasan yang akan disampaikan. Tujuan penulisan juga diterangkan secara singkat dan pada. Berikut contoh tujuan penulisan dalam makalah ini yaitu sebagai berikut!

1) Mengetahui pengertian lingkaran?
2) Mengetahui saja bagian-bagian lingkaran?
3) Mengetahui saja rumus-rumus lingkaran

2) BAB II Pembahasan

Ingat, bab ke-2 yaitu pembahasan adalah inti dari makalah yang akan dibuat. Pada bab ini akan dijelaskan secara rinci tentang materi yang dipilih. Itu berarti akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan materi lingkaran.

Pada bagian bab II tentang pembahasan sudah mulai masuk kepada inti atau isi dari makalah tersebut. Sehingga dalam sub judul pembahasan menerangkan lebih dalam lagi masalah materi yang ada di dalam makalah itu sendiri. Berikut sebuah contoh dari pada makalah pada bgian pembahasan yang meliputi:

1. Pengertian Lingkaran dan Bidang Lingkaran
2. Bagian-bagian Lingkaran
3. Persamaan lingkaran
4. Kedudukan garis terhadap lingkaran
5. Persamaan garis singgung lingkaran
6. Rumus-rumus lingkaran

Pada setiap sub judul pada bab pembahasan ini diterangkan dengan sesuai judul yang ada. Sehingga bahasan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pembaca dalam memahamu isi dari kandungan tersebut.

Sebagai contoh, sub judul pertama yaitu tentang pengertian lingkaran. Pada sub judul ini akan dijelaskan bagaimana definisi lingkaran. Sub judul berikutnya kemudian membahas informasi lain yaitu tentang bagian-bagian lingkaran dan seterusnya.

3) BAB III Penutup

Pada bagian penutup atau BAB III melipati sebuah simpulan dan saran. Pada sub judul yang pertama ini menerangkan sebuah kseimpulan yang ada pada makalah. Yang mana kesimpulan tersebut diambil dari bahasan yang sudah dipaparkan di atas. Cantumkan garis besar dari pada bahasan, agar memudahkan para pembacanya.

Pada bagian saran diterangkan sebuah saran dari penulis ke pembaca, atau harapan penulis berupa saran dari pembaca. Yang mana bisa anda isi dengan sebuah kalimat yang ringkas jelas dan padat.

Meski sederhana tetapi sebenarnya bab terakhir ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai contoh, penulis hendaknya bisa membuat rangkuman yang benar-benar mencakup inti pembahasan yang sudah diberikan pada bab selanjutnya.

Jika masih bingung bagaimana bentuk dan cara menyusun bagian ini rekan semua bisa mempelajari langsung contoh yang tersedia. Itulah sedikit pembahasan kita tentang penyusunan makalah tentang lingkaran.