Download Contoh Makalah Keragaman Budaya Nasional Irian Jaya

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Untuk makalah ini bisa dikatakan susunannya sama saja dengan makalah keragaman budaya nasional lainnya. Yang berbeda pada intinya adalah materi yang dipilih untuk dibahas. Pada bagain awal ini atau halaman judul menerangkan sebuah keterangan berupa judul makalah, nama tempat sekolah, dan prodi, serta logo dari sekolah itu sendiri.

Pada bagian penulisannya pada bagian atas dituliskan judul makalah, dan kebawah lagi dituliskan nama guru/dosen pengampu, kebawah lagi logo, dan paling bawah adalah naman sekolah dan program studi. 

Sedangkan untuk bagian kata pengantar, dituliskan keterangan berupa pengantar dari pembuat makalah. Yang mana isi dari pengantar tersebut meliputi sebuah ucapan terimakasi dan syukur, serta sebuah penyebutan judul dari makalah itu sendiri.

Pembuatan kata pengantar bisa disesuaikan dengan kebutuhan terkait dengan jumlah kata dan paragrap. Bisa mungkin 2-5 paragrap, atau lebih tergantung keinginan.

Dibagian daftar isi, diterangakn sebuah keterangan membentuk daftar berupa sub dan halaman dari isi makalah tersebut. Daftar isi tersebut meliputi isi makalah dari awal (halaman judul) sampai, akhir (Penutup). Sehingga pembaca akan dimudahkan dengan adanya daftar isi ini, karena dapat dengan mudah menemukan sebuah halaman yang mereka cari.

1) BAB I Pendahuluan

Bisa dikatakan, untuk bagian bab pertama atau pendahuluan pada prinsipnya akan memuat berbagai pembahasan yang tidak jauh berbeda dari satu makalah ke makalah lain. Yang paling sederhana, dalam bab i ini biasanya akan dibahas tiga hal yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

Untuk bagian latar belakang, diterangkan sebuah keterangan latar belakang dari isi makalah. Yang mana mengambil sebuah bahasan yang mempunyai maksud penjelasan isi secara umum, sehingga penulis bisa mengetahui latar belakang pada makalah yang akan di paparkan tersebut dan memahami isi dari makalah tersebut dengan baik dan benar.

Pada bagian rumusan masalah memberikan sebuah keterangan rumusan masalah dari isi makalah yang akan dipaparkan. Sehingga pembaca akan lebih mudah mengetahui rumusan masalah atau permasalahan pada dunia nyata, sebelum hingga akhirnya mendapatkan solusi dengan membaca isi makalah ini.

Rumusan masalah pada makalah adalah berbentuk kalimat pertanyaan. Agar lebih mudah dan bisa lebih dipahami tentang sebuah permasalahan yang muncul. Sebagai contoh saya akan memberikan sebuah contoh rumusan masalah dari judul ”Keragaman Budaya Nasional Irian Jaya” di atas yaitu meliputi Dimana Letak Geografis Irian Jaya?, Bagaimana Rumah Adat Irian Jaya?, Bagaimana Pakaian Adat Irian Jaya?, Bagaimana Tari Tradisional Irian Jaya?dan Bagaimana Tradisi Upacara Adat NTB?.

Sedangkan untuk bagian tujuan dari penulisan makalah adalah sub judul yang menerangakn dengan singkat mengenai tujuan makalah ini. Dintaranya adalah berupa kalimat Mengetahui Dimana Letak Geografis Irian Jaya, Mengetahui Rumah Adat Irian Jaya, Mengetahui Pakaian Adat Irian Jaya, Mengetahui Tari Tradisional Irian Jaya, dan Mengetahui Tradisi Upacara Adat Irian Jaya.

Bila pada rumusan masalah yang ada di sub judul sebelumnya merupakan kalimat berbentuk pertanyaan, ada bagian tujuan penulisan adalah berbentuk jawaban dari pertanyaan pada sub rumusan masalah. Sehingga dengan demikian bisa dikatakan berkaitan.

2) BAB II Pembahasan

Pada bagian BAB II mulai sudah masuk ke bahasan dari makalah ini. atau isi. Dalam mebuat bahasan haruslah mencangkup dari pengertian judul di atas, sehingga isi akan selaras dengan judul di atas.

Semisal bila makalahnya berjudul,”Keragaman Budaya Nasional Irian Jaya”, maka sub judulnya meliputi antara lain letak geografis, rumah adat, pakaian adat, tari tradisional, dan juga tentang tradisi upacara adat.

Jadi, pada sub bab yang pertama, akan dijelaskan terlebih dahulu dimana letak geografis dari Irian Jaya. Tujuannya adalah agar pembaca bisa mengetahui perpis letak propinsi yang akan dibahas tersebut.

Setelah itu kita bisa masuk ke pembahasan inti misalnya pertama tentang rumah adat. Pada bagian ini dijelaskan secara rinci tentang rumah adat propinsi tersebut. Penjelasannya bisa berupa bentuknya bagaimana, bahan bangunanannya seperti apa, bagaimana sejarahnya dan seterusnya.

Setelah selesai, masuk ke sub pakaian adat dimana penjelasannya juga dibuat rinci dan lengkap. Bisa juga ditambahkan mengenai gambar pakaian tersebut. Diusahakan penjelasan-penjelasan yang kita buat bisa menjawab pertanyaan yang muncul tentang pakaian adat Irian Jaya tersebut.

Sub tari tradisional dan tradisi upacara adat bisa dijelaskan selanjutnya. Tentu penjelasan yang dibuat hendaknya di pisah menjadi sub bab masing-masing sesuai tema materi yang dibahas. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan dalam makalah yang dibuat.

3) BAB III PENUTUP

Bab terakhir akan terdiri dari kesimpulan dan saran. Untuk kesimpulan isinya adalah memberikan sebuah keterangan berupa kesimpulan dari isi. Dalam pembuatan kesimpulan haruslah lebih rungkas dari isi yang sebenarnnya.

Karena fungsi kesimpulan tidak lain adalah memperikan garis besar pada materi yang ada di atas. Sehingga pembaca dapat mengetahui maksud atau inti dari makalah yang sudah disampaikan.

Untuk bagian saran diberikan sebauh keterangan saran untuk penulis ataupun untuk pembaca. Bila saran tersebut diharapkan oleh penulis maka otomatis yang memberikan saran adalah pembaca, sehingga kata yang diberikan pada sub judul saran ini adalah mempunyai maksud untuk meminta saran kepada pembaca.

Berbeda dengan saran yang ditunjukan untuk pembaca, maka yang menulis saran langsung dari penulis. Dan isi tulisan tersebut haruslah berupa saran yang memang ditunjukan untuk para pembaca agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari.

Tetapi kebanyakan makalah yang menerangkan saran pada bagian sub judul saran, adalah merangkan permintaan saran kepada pembaca. Sehingga dalam hal ini secara tidak langsung penulis meminta pembaca menilai karya tulisnya. Tetapi itupun tidak masalah, karena adanya sub judul saran adalah untuk demikian.