Contoh Makalah tentang Perubahan dan Fisik Remaja

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Perubahan dan Fisik Remaja - Masih membahas mengenai makalah kesehatan reproduksi, sekarang giliran makalah tentang perubahan dan fisik remaja yang akan saya ulas di sini. Jika ada yang kebetulan sedang mencari contoh untuk belajar, bisa mengikuti pembahasan sampai selesai.

Sobat yang membutuhkan informasi mengenai hal ini dapat mengikuti pembahasannya sampai habis serta menyalin contoh makalahnya di akhir uraian. Informasi yang akan dibahas dalam makalah ini setidaknya akan memuat beberapa hal.

Hal pertama yang akan dibahas tentu saja mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan fisik pada anak remaja. Kemudian, yang kedua adalah tentang pengaruh dari perubahan fisik tersebut.

Perubahan yang paling dirasakan oleh remaja pertama kali adalah perubahan fisik. Terjadi pubertas yaitu proses perubahan yang bertahap dalam internal dan eksternal tubuh anak-anak menjadi dewasa. 

Perubahan hormon termasuk hormon seksual membuat remaja menjadi tidak nyaman dengan dirinya dan juga sekaligus jadi sering terlalu fokus pada kondisi fisiknya. Misalnya : remaja jadi sering berkaca hanya untuk melihat jerawat atau poninya, jadi terlalu resah dengan bentuk tubuhnya, dan sebagainya.

Sebagian besar remaja tidak dapat menerima keadaan fisiknya. Hal tersebut terlihat dari penampilan remaja yang cenderung meniru penampilan orang lain atau tokoh tertentu. 

Misalnya si Ani merasa kulitnya tidak putih seperti bintang film, maka Ani akan berusaha sekuat tenaga untuk memutihkan kulitnya. Perilaku Ani yang demikian tentu menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri dan orang lain. 

Mungkin Ani akan selalu menolak bila diajak ke pesta oleh temannya sehingga lama-kelamaan Ani tidak memiliki teman, dan sebagainya.

Dengan melalui pemahaman yang mendalam terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada masa remaja, diharapkan remaja dapat mengalami perubahan- perubahan tersebut dengan baik. 

Bimbingan orang tua dan guru terhadap anak pada usia remaja sangatlah dibutuhkan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Agar orang tua dan dapat memberikan bimbingan kepada putra-putrinya hendaknya mengetahui perubahan dan fisik remaja.

Dipastikan bahwa sobat yang sampai pada uraian ini memang membutuhkan contoh makalah yang membahas mengenai perubahan dan fisik remaja, karena itu saya juga akan langsung membagikan sebuah contoh makalah yang sobat butuhkan tersebut.

Contoh Makalah Perubahan Fisik Remaja

Tapi ingat, makalah ini hanya sebagai contoh dan sumber referensi jadi jangan dijiplak ya, kan sayang kalau nilai sobat semua jelek hanya karena jiplak makalah. Dengan semakin sering belajar maka kita akan semakin pandai tentunya.


Lagi pula, saya sangat yakin hanya dengan membaca daftar isinya saja sobat pasti dapat menyusun makalah sobat sendiri, iyakan…pastinya dong…. Ya sudah sampai sini aja, mudah-mudahan dapat membantu.